bahasa arab adalah suatu komponen penting dalamkehidupan , hal ini tidak jauh penting dengan bahasa inggris sebagai bahasa international .
banyak sekolah mulai dari tingkat paling bawah sampai perkuliahan menyajikan kurikulum pelajaran bahasa ini , hal ini tidak lepas dari harapan para guru dan dosen agar lulusan peserta didik mereka mampu bersaing dalam bidang bahasa .
hal ini semakin membuat guru atau dosen lebih giat lagi mencari dan menemukan metode demi metode untuk menunjang hal tersebut agar tercapai .
oleh karena itu penulis memberikan contoh rancangan pembelajaran mulai dari rpp, silabus , prota , promes , dll yang di anggap penting .
berikut contoh rpp pengajaran bahasa arab .
klik DI SINI atau kilk DISINI untuk download lengkap
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Nama Sekolah : ............................
Mata Pelajaran : Bahasa Arab
Status Pendidikan : Madarasah Aliyah
Kelas / Semester : X / I
Alokasi Waktu : 2 jam
pelajaran
Standar Kompetensi:
Memahami informasi lisan berbentuk paparan atau dialog
tentang perkenalan dan kehidupan keluarga
Kompetensi dasar:
Menyimak
1.1 Mengidentifikasi bunyi, ujaran
(kata, frasa atau kalimat ) dalam suatu konteks dengan tepat
I. Tujuan Pembelejaran:
Setelah Proses Pembelajaran, diharapkan siswa mampu: Mengidentifikasi
dan menangkap makna, gagasan atau ide dari berbagai wacana lisan tentang
perkenalan
Nilai Karakter Bangsa
Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras,
mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air,
menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan,
peduli sosial, tanggung jawab.
Kewirausahaan/Ekonomi
Kreatif
Percaya diri
(keteguhan hati, optimis).
Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
Pengambil resiko (suka
tantangan, mampu memimpin)
Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)
II. Materi Pembelajaran:
·
Perkenalan (التعارف)
(أ)
+: اسمي خالد، ما سمك؟
- : اسمي خليل
+: كيف حالك؟
+: بخير، والحمد لله
- : من أين أنت؟
+: أنا من باكستان
- : هل أنت باكستاني؟
+: نعم أنا باكستاني، وما جنسيتك؟
- : أنا تركيا، أنا من تركي
+: ما عمرك؟
- : عمري خمس عشرة سنة، وأنت كم سنة عمرك؟
+: عمري خمس عشرة سنة أيضا
- : مع السلامة
+: مع السلامة
(ب)
حازم طالب كويتي يتعلم في المدرسة الثانوية ببلاده، وفي الإجازة الماضية زار
حازم إندونيسيا.
وفي خلال زيارته لإندونيسيا قام بزيارة بعض مدارسها الإسلامية بالإضافة إلى
معالمها السياحية.
قال حازم لطالب يرافقه اسمه مراد: إن إندونيسيا بلاد جميلة، أعجبتني مناظرها
الجميلة، وأعجبتني غاباتها الكثيفة، وأعجبتنى مزارعها الواسعة.
زار حازم احدى المدارس الثانوية الإسلامية بجاكرتا وتحدث مع
بعض طلابها وعبر عن سروره البالغ بزيارة بلاد إندونيسيا.
III. Metode:
·
Inkuiri
·
Diskusi
IV. Langkah
Pembelajaran:
No
|
Langkah-Langkah Kegiatan
|
Media/Sumber
|
Waktu
|
1
|
Pendahuluan
|
|
15 menit
|
|
· Guru mengucapkan salam
sebagai pembuka pertemuan dan menanyakan kabar siswa.
·
Guru mengecek kehadiran
siswa
·
Guru bersama siswa
mengecek kesiapan perangkat pembelajaran
· Guru menyampaikan
informasi tentang materi yang akan disampaikan, meliputi: Kompetensi dasar
dan indikator pencapaian.
· Siswa menyebutkan
kata-kata yang biasa dipakai dalam perkenalan
· Siswa menyebutkan
ungkapan-ungkapan yang biasa dipakai dalam perkenalan
|
Pengalaman
pribadi
|
|
2
|
Kegiatan Inti
|
|
60 menit
|
|
Eksplorasi
Dalam kegiatan
eksplorasi :
· Siswa mendengarkan
wacana lisan yang dibacakan guru (diulang 3x)
· Siswa menyebutkan
kata-kata yang didengar
· Siswa mencocokkan gambar
dengan ujaran yang didengar
· Siswa menuliskan
beberapa kata yang didengar dari guru
· Guru bersama siswa
mengoreksi hasil kerja yang telah dilaksanakan
Elaborasi
Dalam kegiatan
elaborasi,
· Siswa dibagi dalam
kelompok-kelompok kecil
· Tiap kelompok terdiri
dari 3-4 orang
· Tiap kelompok
mendiskusikan isi wacana lisan yang dibacakan guru
· Tiap kelompok menuliskan
isi wacana lisan secara umum
· Tiap kelompok
mendelegasikan perwakilannya untuk membaca hasil pekerjaannya di depan
ruangan laboratorium bahasa.
Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, Siswa:
· Menyimpulkan tentang
hal-hal yang belum diketahui
· Menjelaskan
tentang hal-hal yang belum diketahui.
|
Guru/Buku
Paket
Kartu
kata
|
|
3
|
Penutup
|
|
15 menit
|
|
· Guru memberikan
pertanyaan lisan/ soal latihan hasil belajar (nilai yang ditanamkan: Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja
keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah
air, menghargai prestasi, bersahabat,);
· Guru memberikan
penjelasan dan memberikan pelurusan konsep jika ada yang kurang tepat (nilai yang ditanamkan: Religius,
jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin
tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi.);
· Guru bersama siswa
merefleksi proses pembelajaran yang telah berlangsung, meliputi; kelemahan
dan kelebihan, perasaan dan kesulitan yang dihadapi siswa(nilai yang ditanamkan: Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja
keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah
air, menghargai prestasi, bersahabat,);
|
Instrumen latihan
|
|
V. Sumber/Bahan/Alat Belajar:
· Guru
· Buku paket Pelajaran Bahasa Arab
· Laboratorium Bahasa
VI. Penilaian:
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen
|
|
§ Mencocokkan
tulisan dengan kata, frasa atau kalimat yang didengar
§ Melengkapi
kalimat dengan kata yang disediakan
§ Menentukan
benar/salah ujaran yang didengar
§ Menentukan tema
dari wacana lisan
§ Menentukan ide
pokok dari wacana lisan.
§ Mengungkapkan
kembali informasi rinci dari wacana lisan.
§ Mengidentifikasi
kosa kata-kosa kata baru atau sulit
|
Tes
tertulis
|
tulis
|
1.
Apa tema dialog
tersebut
2.
Ceritakan
kembali isi dialog dalam bentuk narasi
|
KRITERIA PENILAIAN
- Menyimak
No
|
Nama
|
Kriteria
Dan Skala Penskoran
|
Skor
|
|||
Mengidentifikasi
tema
|
Menemukan
informasi tersurat
|
Menemukan
pesan
|
Menceritakan
kembali isi wacana
|
|||
1-15
|
1-20
|
1-30
|
1-35
|
100
|
||
1
|
Handoyo
|
15
|
15
|
25
|
30
|
85
|
2
|
Daryono
|
10
|
10
|
25
|
30
|
65
|
3
|
Edor
|
15
|
10
|
25
|
20
|
65
|
|
|
|
|
|
|
|
Mengetahui ............., ......
................ ...........
Kepala MA... Guru
Mapel Bahasa Arab
.............................. ............................
NIP ...................... NIP
.....................
0 Response to "contoh RPP dan SILABUS bahasa arab k13 dan KTSP "
Posting Komentar