contoh RPP dan SILABUS bahasa arab k13 dan KTSP



bahasa arab adalah suatu komponen penting dalamkehidupan , hal ini tidak jauh penting dengan bahasa inggris sebagai bahasa international .
banyak sekolah mulai dari tingkat paling bawah sampai perkuliahan menyajikan kurikulum pelajaran bahasa ini , hal ini tidak lepas dari harapan para guru dan dosen agar lulusan peserta didik mereka mampu bersaing dalam bidang bahasa .
hal ini semakin membuat guru atau dosen lebih giat lagi mencari dan menemukan metode demi metode untuk menunjang hal tersebut agar tercapai .
oleh karena itu penulis memberikan contoh rancangan pembelajaran mulai dari rpp, silabus , prota , promes , dll yang di anggap penting .
berikut contoh rpp pengajaran bahasa arab .

klik  DI SINI  atau kilk DISINI untuk download lengkap

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


Nama Sekolah         :     ............................
Mata Pelajaran        :     Bahasa Arab
Status Pendidikan :     Madarasah Aliyah
Kelas / Semester    :     X / I
Alokasi Waktu         :     2  jam pelajaran


Standar Kompetensi:
Memahami informasi lisan berbentuk paparan atau dialog tentang perkenalan dan kehidupan keluarga

Kompetensi dasar:
      Menyimak
1.1     Mengidentifikasi bunyi, ujaran (kata, frasa atau kalimat ) dalam suatu konteks dengan tepat

I.      Tujuan Pembelejaran:
Setelah Proses Pembelajaran, diharapkan siswa mampu: Mengidentifikasi dan menangkap makna, gagasan atau ide dari berbagai wacana lisan tentang perkenalan

Nilai Karakter Bangsa
  Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab.

Kewirausahaan/Ekonomi Kreatif
  Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
  Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
  Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
  Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)

II. Materi Pembelajaran:
·   Perkenalan (التعارف)
(أ)
+: اسمي خالد، ما سمك؟
- : اسمي خليل
+: كيف حالك؟
+: بخير، والحمد لله
- : من أين أنت؟
+: أنا من باكستان
- : هل أنت باكستاني؟
+: نعم أنا باكستاني، وما جنسيتك؟
- : أنا تركيا، أنا من تركي
+: ما عمرك؟
- : عمري خمس عشرة سنة، وأنت كم سنة عمرك؟
+: عمري خمس عشرة سنة أيضا
- : مع السلامة
+: مع السلامة

(ب)
حازم طالب كويتي يتعلم في المدرسة الثانوية ببلاده، وفي الإجازة الماضية زار حازم إندونيسيا.
وفي خلال زيارته لإندونيسيا قام بزيارة بعض مدارسها الإسلامية بالإضافة إلى معالمها السياحية.
قال حازم لطالب يرافقه اسمه مراد: إن إندونيسيا بلاد جميلة، أعجبتني مناظرها الجميلة، وأعجبتني غاباتها الكثيفة، وأعجبتنى مزارعها الواسعة.
زار حازم احدى المدارس الثانوية الإسلامية بجاكرتا وتحدث مع بعض طلابها وعبر عن سروره البالغ بزيارة بلاد إندونيسيا.
III. Metode:
·   Inkuiri
·   Diskusi

IV. Langkah Pembelajaran:
No
Langkah-Langkah Kegiatan
Media/Sumber
Waktu
1
Pendahuluan

15 menit

·   Guru mengucapkan salam sebagai pembuka pertemuan dan menanyakan kabar siswa.
·   Guru mengecek kehadiran siswa
·   Guru bersama siswa mengecek kesiapan perangkat pembelajaran
·   Guru menyampaikan informasi tentang materi yang akan disampaikan, meliputi: Kompetensi dasar dan indikator pencapaian.
·   Siswa menyebutkan kata-kata yang biasa dipakai dalam perkenalan
·   Siswa menyebutkan ungkapan-ungkapan yang biasa dipakai dalam perkenalan






Pengalaman pribadi

2
Kegiatan Inti

60 menit

Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
·   Siswa mendengarkan wacana lisan yang dibacakan guru (diulang 3x)
·   Siswa menyebutkan kata-kata yang didengar
·   Siswa mencocokkan gambar dengan ujaran yang didengar
·   Siswa menuliskan beberapa kata yang didengar dari guru
·   Guru bersama siswa mengoreksi hasil kerja yang telah dilaksanakan
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
·   Siswa dibagi dalam kelompok-kelompok kecil
·   Tiap kelompok terdiri dari 3-4 orang
·   Tiap kelompok mendiskusikan isi wacana lisan yang dibacakan guru
·   Tiap kelompok menuliskan isi wacana lisan secara umum
·   Tiap kelompok mendelegasikan perwakilannya untuk membaca hasil pekerjaannya di depan ruangan laboratorium bahasa.
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
·   Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
·   Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.
Guru/Buku Paket

Kartu kata

3
Penutup

15 menit

·   Guru memberikan pertanyaan lisan/ soal latihan hasil belajar (nilai yang ditanamkan: Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat,);
·   Guru memberikan penjelasan dan memberikan pelurusan konsep jika ada yang kurang tepat (nilai yang ditanamkan: Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi.);
·   Guru bersama siswa merefleksi proses pembelajaran yang telah berlangsung, meliputi; kelemahan dan kelebihan, perasaan dan kesulitan yang dihadapi siswa(nilai yang ditanamkan: Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat,);
Instrumen latihan


V. Sumber/Bahan/Alat Belajar:
·   Guru
·   Buku paket Pelajaran Bahasa Arab
·   Laboratorium Bahasa

VI. Penilaian:

Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk
Instrumen
Instrumen

§  Mencocokkan tulisan dengan kata, frasa atau kalimat yang didengar
§  Melengkapi kalimat dengan kata yang disediakan
§  Menentukan benar/salah ujaran yang didengar
§  Menentukan tema dari wacana lisan
§  Menentukan ide pokok dari wacana lisan.
§  Mengungkapkan kembali informasi rinci dari wacana lisan.
§  Mengidentifikasi kosa kata-kosa kata baru atau sulit

Tes tertulis

tulis

1.    Apa tema dialog tersebut
2.    Ceritakan kembali isi dialog dalam bentuk narasi



KRITERIA PENILAIAN
  1. Menyimak

No
Nama
Kriteria Dan Skala Penskoran
Skor
Mengidentifikasi tema
Menemukan informasi tersurat
Menemukan pesan
Menceritakan kembali isi wacana
1-15
1-20
1-30
1-35
100
1
Handoyo
15
15
25
30
85
2
Daryono
10
10
25
30
65
3
Edor
15
10
25
20
65








Mengetahui                                                  .............,  ......   ................   ...........
Kepala MA...                                                 Guru Mapel Bahasa Arab



..............................                                          ............................
NIP ......................                                          NIP .....................





Related Posts:

0 Response to "contoh RPP dan SILABUS bahasa arab k13 dan KTSP "

Posting Komentar